Informasi Pendaftaran Prestasi

PENDAFTARAN JALUR BEASISWA PRESTASI

SIPENWARU 2025 / 2026

 

A. PERSYARATAN PESERTA

  • Sedang duduk di kelas terakhir MI/SD atau MTs/SMP pada tahun 2024/2025 atau telah lulus MI/SD dan MTs/SMP tahun pelajaran 2023/2024.
  • Telah memenuhi persyaratan pendaftaran.
  • Memiliki minimal salah satu Prestasi :
    • Prestasi Tahfidz :
      • Hafal Alqur’an minimal 10 juz (MTs), 15 juz (TKS-SLTA). Dibuktikan dengan sertifikat/surat keterangan capaian hafalan dari sekolah/pondok atau Lembaga Tahfidz yang kredibel.
      •  Mekanisme seleksi :
        • Verifikasi dokumen
        • Ujian tulis dan lisan
        • Tes ujian tahfidz dan wawancara
    • Prestasi Akademik :
      • Juara 1, 2 atau 3, KSN (Kompetisi Sains Nasional) atau KSM (Kompetisi Sains Madrasah) minimal tingkat propinsi dibuktikan dengan sertifikat juara.
      • Mekanisme seleksi :
        • Verifikasi dokumen
        • Ujian tulis dan lisan
        • Wawancara dan tes pendukung lain bila diperlukan
    • Prestasi Non Akademik :
      • Juara 1,2, atau 3 kategori individu prestasi non akademik minimal tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh pemerintah yang dibuktikan dengan sertifikat/piagam.
      •  Mekanisme seleksi :
        • Verifikasi dokumen
        • Ujian tulis dan lisan
        • Wawancara dan tes pendukung lain (uji kompetensi) bila diperlukan
  • Beasiswa jalur prestasi diberikan dalam bentuk pemotongan biaya syahriyah (bulanan) sebesar 50 % dan bebas uang pangkal
  • Pemberian beasiswa kepada santri berprestasi akan dilakukan evaluasi setiap tahun berdasarkan ketentuan yang ditetapkan
  • Syarat diterima seleksi beasiswa prestasi mengacu kepada :
    • Hasil seleksi administrasi dan tes pendukung
    • Kuota beasiswa yang ditetapkan Pondok/Yayasan

B. WAKTU PENDAFTARAN

  • 1 September - 26 Oktober 2024

 

C. CARA PENDAFTARAN

  1. Calon Santri mengisi formulir pendaftaran secara online di www.sipenwaru.assalaam.or.id
  2. Calon santri akan mendapatkan pesan ( sms/wa ) untuk membayar biaya pendaftaran 400.xxx ( xxx = no unik sesuai dengan pesan yang terkirim melalui wa/sms ) ke rek Bank Jateng Syariah, no rek 5023063711 a/n Sipenwaru PPMI Assalaam
  3. Kontak bagian admin untuk menyampaikan ikut jalur prestasi ( admin 081393034666 )
  4. Calon santri akan medapatkan pesan ( sms/wa ) username dan password, digunakan untuk login ke sistem https://sipenwaru.assalaam.or.id/login.html untuk melengkapi data / upload berkas-berkas yang di syaratkan:
  • Sertifikat penghargaan/prestasi terkait.
  • Akta Lahir.
  • Kartu Keluarga.
  • Surat keterangan sekolah yang menyatakan sedang duduk di kelas VI MI/SD atau IX MTs/SMP ( bagi calon santri yang telah lulus tahun 2024 )
  • Foto berwarna  (berjilbab bagi perempuan)

 

  D. SYARAT PENGAJUAN JALUR PRESTASI

  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Melengkapi berkas pengajuan berupa ( dibawa saat pelaksanaan tes ):
    • Sertifikat penghargaan/prestasi terkait.
    • Fotokopi Akta Lahir.
    • Fotokopi Kartu Keluarga.
    • Surat keterangan sekolah / Ijazah
    • Foto 4x6 berwarna 4 lembar ( berjilbab bagi perempuan )

 

E. PENGUMUMAN

 

F. DAFTAR ULANG

  • Akan diinformasikan lebih lanjut setelah hasil test diumumkan 

 G. KONTAK

  • Admin  : 081393034666